7 Barang yang Patut Dibeli Kenshuusei Agar 3 Tahun di Jepang Tak Sia-sia

Kenshuusei – Saat pertama menginjakan kaki di Jepang, banyak hal baru terjadi dalam hidup. Contohnya ritme kehidupan anyar lantaran peralihan dari budaya Indonesia dan Budaya Negeri Sakura.

Saat itu pula banyak hal didapat, seperti lingkungan baru dan tentu saja yang belum pernah didapatkan sebelumnya: Gaji yang Lumayan Wow!

Nah, kalau kita dapat gaji diatas 10 juta rupiah di usia rata-rata kenshuusei yang berada di kisaran 20-an, pasti banyak banget yang mau dibeli kan?

Namun, kita harus pintar-pintar memilih barang apa saja yang berguna dan menguntungkan serta bertahan lama yang bisa membuat waktu di Jepangmu tak sia-sia. Apa sih contohnya? Berikut 7 barang yang patut kamu beli selama 3 tahun di Jepang

1. Kamera Berkualitas

Kamera Kenshuusei

wiranurmansyah.com

Mengapa kamera? Selama di Jepang, banyak sekali momen yang wajib kita abadikan. Sebab, waktu di Jepang yang hanya sebentar dan kesibukan kerja yang banyak menyita waktu membuat kita lupa untuk bermain dan mengabadikan momen-momen berkesan di Jepang.

Kita juga mempunyai teman-teman seperjuangan di apaato yang selalu ada saat kita susah maupiun senang. Disaat itulah kita membutuhkan kamera sebagai peranti untuk meng-capture momen yang gak bakal bisa kita ulang dua kali dalam hidup.

2. Tiket Liburan Kenshuusei (Pesawat, Shinkansen, Bus)

Tiket Liburan Kenshuusei

studymandarinintaipei.blogspot.com

Waktu di Jepang  adalah waktu terbaik untuk menjelajah dan menikmati alam menarik di Negeri Sakura. Selagi masih muda, menjelajahlah yang jauh. Sebab, pengalaman bertualang tak akan pernah kamu dapat di kemudian hari kalau ditunda-tunda.

Cobalah untuk membuat jadwal liburan ke spot menarik di Jepang minimal sebulan sekali. Misalnya saja pergi ke Hokkaido atau Okinawa saat musim panas tiba. Sekali-kali bolehlah mencoba naik pesawat atau shinkansen ke tempat-tempat yang jauh.

3. Sepeda

Sepeda Kenshuusei

tofugu.com

Kenapa harus beli sepeda? Karena selama di Jepang kamu harus menjaga badanmu supaya tetap sehat dikala kesibukanmu bekerja dan belajar. Diwaktu luang, sepeda bisa dijadikan alternatif olahraga dan liburan sederhana. Ke mana-mana, kamu bisa naik sepeda sambil menikmati suasana daerah di sekitar tempat tinggal kamu.

4. Buku Sebanyak-banyaknya

Buku Kenshuusei

metalgearinformer.com

Kebayang gak sih kamu bakal punya pengetahuan di usia 20-an? Misalnya bisa lulus N2 dalam waktu 3 tahun di Jepang. Sumpah itu bakal kakkoi banget. Dan itu bisa kamu raih dengan banyak membaca buku seperti buku pelajaran Bahasa jepang.

Kamu gak akan pernah merasa kesepian karena selalu ditemani buku-buku. Hari-harimu pun bakal sangat produktif karena tiap ada waktu luang pasti yang dilakukan adalah baca buku. Mirip seperti kebiasaan orang Jepang.

5. Laptop yang bagus dan gak gampang rusak

Laptop Kenshuusei

dreamstime.com

Yap, laptop tentu mendukung kerja siapa pun. Kalau kamu sudah mempunyai penghasilan uang diatas 10 juta rupiah per bulan, sah-sah saja untuk membeli macbook terbaru keluaran apple yang akan kamu gunakan selama di Jepang.

Belilah yang bertahan lama hingga bisa dipakai kembali setelah pulang ke Indonesia karena ini bakal menunjang hobi atau pekerjaanmu. Kamu bisa menggunakan laptop ini di jepang untuk menyimpan data, mengedit video, atau untuk bermain game.

6. Barang-barang yang Menjadi Hobi atau Kesukaanmu

Band Kenshuusei

pinterest.com

Jika kamu hobi main band, bolehlah apaato mu disulap menjadi studio band dengan membeli berbagai macam kelengkapannya seperti gitar, drum, sound system, dan lain-lain. Atau jika kamu hobi fotografer, untuk menyalurkan bakatmu, saran saya belilah semua tools pendukung yang bisa dipakai untuk membantumu memotret.

Ini bukan mengajarkan untuk boros dan jor-joran mentang-mentang punya gaji puluhan juta, tapi menurut saya ini adalah invetasi berguna sekaligus untuk menyalurkan hobi kamu di Jepang. Toh siapa yang tahu bisa saja suatu saat kamu bakal menjadi musisi ternama atau fotografer handal di Indonesia.

7. Investasi Masa Depan di Indonesia

Dari kesemua barang di atas, yang paling penting tentu saja kamu harus membeli barang atau properti untuk masa depan kamu kelak. Ada beberapa aset yang umumnya dibeli kenshuusei sebelum dan setelah pulang ke Indonesia diantaranya:

Rumah Baru Untuk Keluarga

Rumah Kenshuusei

koswyproperty.wordpress.com

Mungkin hampir 80 % kenshuusei mendamba-dambakan bisa membangun atau membeli sebuah rumah baru untuk keluarga atau diri sendiri dengan hasil jerih payahnya di Jepang.

Agar tidak terasa berat, kamu bisa membangun sedikit demi sedikit rumahmu di Indonesia dengan gaji bulananmu di Jepang, agar kelak setelah pulang kamu bisa menikmati rumah dalam kondisi baru.

Investasi

Kontrakan Kenshuusei

banten.co

Ada beberapa jenis investasi yang biasa diambil para pekerja di Jepang. Contohnya membeli kontrakan, kendaraan, sawah, kebun, atau emas. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tinggal bagaimana kamu mampu mengolahnya dengan baik sehingga setelah pulang ke tanah air nanti kamu bisa memetik hasilnya.

Membuka Usaha Mandiri

Bisnis Kenshuusei

kaskus.co.id

Hanya beberapa persen saja dari sekian ribu pekerja Indonesia di Jepang yang ketika pulang ke Indonesia memilih untuk usaha mandiri. Memang dibutuhkan skill dan keberanian untuk dapat membuka usaha dengan modal uang yang sudah ada dari hasil bekerja di Jepang.

Kita bisa belajar dari para senpai yang sudah sukses atau bisa juga gabung dengan komunitas-komunitas pengusaha eks magang Jepang. Harapannya setelah kembali ke Indonesia, kita sudah punya kemampuan untuk bersaing di dunia usaha.

Itulah 7 Hal yang menurut saya wajib kamu beli selama di Jepang agar waktu 3 tahunmu di Jepang tidak menjadi sia-sia. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Untuk di Share kepada teman-temanmu sesama kenshuusei.

Arigatou Gozaimasu!

One Response

  1. RYAN ALIEF 7 Mei 2018

Add Comment