4 Cara Transfer Uang Dari Jepang Ke Indonesia Bagi Kenshuusei [Silahkan Pilih]

Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para kenshuusei yang baru pertama kali datang ke Jepang adalah bagaimana cara transfer uang dari Jepang ke Indonesia. Itulah yang juga dahulu saya tanya kepada para senpai (senior) saya ketika pertama kali bertemu.

Beruntung saya memiliki senpai yang baik sekali karena selalu memberitahu dan mengajarkan saya cara mengirim uang ataupun hal-hal yang tidak diketahui di Jepang.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi buat teman-teman pemagang di Jepang bagaimana cara transfer uang dari Jepang beserta penjelasannya.

Cara Transfer Uang

ambassadors-japan.com

Sengaja saya menulis artikel ini sambil mengingat kembali memori ketika tinggal di Jepang dari tahun 2013 sampai 2016 silam. Tidak terasa juga sekarang sudah kembali ke tanah air dengan membawa sejuta kenangan, ternyata waktu 3 tahun itu sangat cepat ya. hehehe

Oh iya, saya itu dulu cuma pemagang atau sering disebut kenshuusei yang biasa mengirim uang dari sisa remah-remah gaji saya bekerja di pabrik Jepang.

Jadi bisa dibayangkan level ngirim uangnya juga masih dalam skala mikro. So, buat yang ingin kirim uang ratusan juta yen, kayanya tulisan ini kurang pas deh. hehehe

Cara Transfer Uang Dari Jepang

momonestyle.com

Oke kembali ke topik utama kali ini yaitu okane no okurikata (cara mengirim uang)  dari Negeri Sakura ke Indonesia. Satu yang saya tekankan adalah “Jangan Khawatir” karena selama tinggal di Jepang semua kebutuhan pasti bisa terpenuhi layaknya hidup di tanah air.

Semua masalah pasti ada solusinya termasuk cara transfer uang untuk keluarga tercinta di Indonesia. Kebanyakan WNI yang magang di Jepang memang berasal dari keluarga yang kondisi ekonominya menengah kebawah, termasuk saya. Tujuanya tidak lain karena ingin membantu ekonomi keluarga dan merubah nasib menjadi lebih baik.

Selama di Jepang juga saya mempunyai keinginan untuk bisa memberi/mengirimkan sebagian hasil jerih payah untuk keluarga di kampung halaman. Sebenarnya, ada banyak cara transfer uang dari Jepang yang bisa digunakan kenshuusei. Namun setahu saya ada 4 perusahaan yang saya kenal dan sering menjadi langganan kenshuusei. Apa saja? Yuk kita bahas satu persatu!

Cara Transfer Uang Dari Jepang Lewat BNI Tokyo

Cara Transfer Uang Dari Jepang BNI

bumn.go.id

Cara pertama jika ingin mengirim uang ke Indonesia adalah dengan menggunakan BNI. Karena pernah menjalin kerja sama dengan BNI, saya sering mengirim uang melalui BNI ini. Layanan yang tersedia antara lain :

Genkin Kakitome

Teman-teman bisa menggunakan opsi ini jika ingin mengirim uang tidak lebih dari 500.000 yen dengan cara mengirimkan uang tunai menggunakan amplop yang biasa disebut dengan genkin kakitome. Amplop ini bisa dibeli di  seluruh kantor pos Jepang seharga 20 yen/lembar

Express Transfer

Opsi kedua adalah dengan pengiriman express transfer. Nasabah harus melakukan registrasi yang disertai keterangan penerima di Indonesia. Setelah itu kita akan mendapat Nomor Rekening TRF dan BNI Code (Nomor Identifikasi).

Direct Transfer

Opsi terakhir ini digunakan buat teman-teman yang berdomisili di sekitar Tokyo dengan cara mendatangi langsung kantor BNI yang ada di Chiyoda, Tokyo pada hari kerja dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore.

Buat teman-teman yang belum terlalu lancar Bahasa Jepang, Jangan takut tidak bisa berkomunikasi karena staf di sana juga bisa berbahasa Indonesia dengan fasih.

Cara Mengirim Uang Dari Jepang Melalu Kyodai Remmitance

Cara Transfer Uang Dari Jepang Kyodai

youtube.com

Cara mengirim uang dari Jepang ke Indonesia yang kedua adalah menggunakan jasa Kyodai. Pelayanan dan proses pengiriman uang hingga sampai ke keluarga pun sangat cepat.

Persyaratan Registrasi Kyodai Remittance

  • Fotocopy KTP Jepang
  • Fotocopy My Number
  • Mengisi formulir pendaftaran disertai data penerima uang di Indonesia

Dengan 3 syarat itu kita sudah bisa mengajukan aplikasi keanggotaan kyodai. teman-teman bisa langsung datang ke kantor kyodai yang sudah tersebar di seluruh Jepang atau meminta formulir lewat kantor pos yang akan dikirim langsung ke apaato kita.

Langkah Pengiriman Uang Dengan Kyodai

Cara Transfer Uang Kyodai

youtube.com

Cara termudah mengirim uang dengan kyodai adalah melalui kantor pos Jepang di sekitar tempat tinggal kita. Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman, secara ringkas caranya seperti ini:

  • Masukkan kartu ATM Kyodai
  • Klik enter hingga ada tulisan “Card is Using in Japan” (kurang lebih begitu)
  • Masukkan jumlah uang yang akan dikirim
  • Mesin ATM akan menghitung jumlah uang dan melakukan konfirmasi
  • Tekan menu konfirmasi persetujuan
  • Selesai

Cara Transfer Uang Dari Jepang Melalui SBI Remit

Cara Transfer Uang SBI

youtube.com

Saya mengenal SBI Remit ini dari Pak Anwar  melalui akun facebook pribadi beliau. Pak Anwar adalah orang penting di Jepang bagi kenshuusei karena sering membantu permasalahan-permasalahan mengenai cara pengiriman uang.

Sebenarnya saya tidak menggunakan layanan SBI Remit ini karena waktu itu saya sudah kembali ke Indonesia. Namun menurut pengakuan teman-teman saya di Jepang yang menggunakan SBI Remit, pelayanannya sangat memuaskan dengan angka kurs yang berbeda dari yang lain.

SBI memiliki arti Semangat Baru Indonesia dengan tagline “Praktis, Murah, Kurs Tinggi dan Cepat” karena dalam waktu 30 menit uang sudah bisa terkirim ke Indonesia. Ada 2 layanan yang terdapat di SBI Remit, yaitu :

Layanan Masuk Rekening ke Seluruh Bank di Indonesia

Layanan Terima Tunai (Money Gram)

Layanan ini memiliki keunggulan yaitu jika pengiriman maximal 200.000 yen/hari atau 25 juta rupiah, maka dalam 30 menit uang sudah bisa sampai di Indonesia.

Syarat Pendaftaran SBI Remit

Cara Transfer Uang SBI Remit

remitonline.sbi.net

Ada 3 cara jika teman-teman kenshuusei di Jepang ingin mendapatkan kartu SBI Remit yaitu

  • Daftar lewat Facebook Messenger ke fanspage SBI Remit – Indonesia
  • Memakai formulir pendaftaran, kirim nama dan alamat di Jepang kepada staff SBI Remit. Tidak lebih dari 4 hari kerja maka formulir sudah sampai ke apaato.
  • Mengajak teman secara kolektif (minimal 10 orang) lalu mengundang pihak SBI Remit untuk datang ke apaato atau tempat yang sudah ditentukan.

Kelebihan lainnya dari SBI remit adalah perusahaan ini dikelola langsung oleh putra-putri asli Indonesia yang didukung oleh SBI Holding asal Jepang yang terbukti ahli menangani keuangan berbagai perusahaan seperti asuransi, bank, dan yang lainnya.

Cara Transfer Uang Dari Jepang Melalui Brastel Remit

Cara Transfer Uang Brastel

news2u.net

Nah kalau yang ini adalah metode transfer baru yang pelayanannya sangat baik. Saya tahu brastel sejak awal datang ke Jepang yaitu sebagai penyedia jasa telepon ke luar negeri. Namun baru-baru ini brastel juga melayani jasa pengiriman uang ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Info ini saya ketahui dari teman saya ketika di Jepang yang sekarang bekerja di perusahaan Brastel Indonesia, Mbak Cucu Ernawati. Brastel memang ingin membantu WNI yang ada di Jepang dalam masalah pengiriman uang ke Indonesia.

Menurut saya, layanannya hampir sama dengan BNI tapi kelebihannya adalah biaya kirim lebih murah, proses registrasi bisa online, dan juga website resminya yang sudah full Bahasa Inggris. Jadi sangat mudah dan tidak membingungkan bagi kita yang baru pertama kali datang ke Jepang.

Setelah membuat akun secara online, dalam waktu 1-3 hari akan ada surat pemberitahuan datang yang isinya ID dan password. Setelah itu kita mendaftarkan bank penerima di Indonesia. Nanti teman-teman akan menerima kartu untuk deposit uang ketika ingin transfer. Petunjuknya sudah diberikan secara lengkap dengan gambarnya pula, jadi sangat super mudah dan tidak membingungkan.

Cara Transfer Uang Brastel Remit

brastelremit.jp

Teman saya transfer sekitar pukul 11 pagi, 30 menit kemudian uang sudah masuk dan diterima di rekening Indonesia. Sangat cepat bukan? Nah jika ingin melihat prosedur, kurs, atau biaya-biaya, silahkan kunjungi websitenya langsung di sini

___

Well, itulah 4 cara yang bisa teman-teman lakukan jika ingin mengirim uang ke Indonesia ketika berada di Jepang. Sebenarnya ada banyak cari lain, namun karena saya sendiri belum pernah nyoba, takutnya nanti disangka sok tahu. hehe

Oh iya, sebagai saran tambahan, jika teman-teman yang di Indonesia berencana  pergi ke luar negeri dalam jangka waktu yang cukup lama, lebih baik aktifkan layanan internet banking untuk bank-bank yang ada di Indonesia.

Karena sangat berguna ketika kita ingin transfer dari luar negeri bisa melalui rekening kita terlebih dahulu. Setelah itu baru ditransfer ke rekening yang kita inginkan sesuai kebutuhan.

Jangan lupa juga untuk memakai token berbentuk seperti kalkulator yang bisa dibawa kemana-mana. Beberapa bank biasanya memakai token dalam bentuk sms nomor handphone yang bisa merepotkan karena nomor HP Indonesia sering hangus tanpa sebab ketika dibawa ke luar negeri.

Semoga bermanfaat dan tetap Ganbatte Kudasai ! 🙂

Add Comment