Hidup Kenshuusei! Inilah 8 Resolusi Tahun Baru yang Wajib Semua Kenshuusei Baca!

Resolusi Tahun Baru – Kenshuusei selalu memiliki dunianya sendiri yang berbeda dengan dunia gakusei atau WNI lainnya di Jepang. Tantangan-tantangan yang dihadapi sangat khas dan menarik. Mereka yang nggak hidup di dunia kenshuusei bakal sulit merasakan tantangan ini.

Tapi buat kamu para kenshuusei, tentu sangat tahu rasanya harus berjibaku dengan dunia kerja di Jepang. Nah, kebetulan kita sedang menghadapi tahun baru, kenapa nggak coba menjadikan tantangan khas kenshuusei ini menjadi resolusi tahun baru kamu aja?

Apa aja sih yang harus jadi resolusi kenshuusei tahun ini? Simak ya!

1. Semoga dapat pekerjaan ringan. Atasan baik, zangyou banyak, gaji (mudah-mudahan) naik

tahun baru

Kenshuusei akan selalu berhadapan dengan pekerjaan yang berat dibanding orang Jepang. Saya sendiri nggak tahu, kenapa bisa seperti ini. Jenis pekerjaan yang cukup berat, kadang atasan sering bentak-bentak, atau bahkan ngasih gaji yang sedikit. Makanya, resolusi yang pertama ini layak kamu jadikan resolusi tahun tahun baru.

2. Kamu kenshuusei baru? Wakatta: semoga kamu segera memiliki banyak teman

tahun baru

Setiap bulan, selalu datang kenshuusei baru yang masih buta dengan negara Jepang. Suka nggak suka, mau tak mau, kenshuusei baru diwajibkan untuk segera beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ditambah dengan tidak adanya senpai di kaisha, semakin kesepian saja kamu.

Kenshuusei baru dihadapkan pada kewajiban untuk bekerja hampir setiap hari beserta lembur yang panjang. Untuk mengurangi kebosanan kerja, nggak ada yang lebih menyenangkan selain punya banyak teman baik orang Jepang maupun sesama Orang Indonesia.

3. Kamu yang kenshuusei lama (red: senpai) segera pikirkan tentang masa depan di Indonesia. Jangan terlena dengan kehidupan Jepang

tahun baru

jiaec,co.id

Buat kamu yang sudah 1-2 tahun tinggal di Jepang, sudah saatnya berpikir apa yang akan dilakukan setelah pulang ke Indonesia. Karena tujuan sebenarnya kamu adalah ketika sudah di Indonesia. Indahnya negara Jepang yang sementara tidak boleh bikin kamu lupa hingga terlena dan tak memiliki planning ke depan. Banyaklah menabung, berinvestasi, dan mulai membangun usaha untuk bekal nanti.

4. Resolusi ke-4: Semoga harga kebutuhan pokok di Jepang nggak naik, aamiin!

Tahun Baru Murah

Bagi kenshuusei, belanja kebutuhan pokok adalah rutinitas sehari-hari. Kalau nggak masak sendiri di apaato. Kantong bisa jebol karena makan di luar terus. Naiknya harga kebutuhan pokok bisa membuat keuangan kenshuusei menjadi labil ekonomi dan tabungan buat halalin si dia menjadi terganggu. hehe

Dengan bergantinya tahun, semoga harga kebutuhan pokok serta pajak di Jepang nggak naik. Aamiin~

5. Berdoa untuk kesehatan Orang tua di rumah. Kamu bisa kirim uang dengan lancar, dan kamu pun bisa mengatur keuangan

Tahun Baru Rumah

Bagi kenshuusei, penghasilan mereka adalah dari gaji bulanan bekerja. Dan tak jarang, gaji yang tiba-tiba kecil karena misalnya zangyou yang kurang atau banyak dipotong hari libur. Apapun alasannya, kenshuusei nggak bisa menuntut macam-macam. Bisa-bisa malah dipulangin ke IndoneIa nanti. Tapi semoga di tahun baru ini, keuanganmu bisa lebih stabil, dan kalau bisa ya naik. Kalau nggak bisa, yang penting kamu pintar ngatur uang aja, deh.

6. Ya Tuhan, aku nggak minta banyak-banyak. Cuma kalau bisa, boleh dong gajiku di atas 20 man

Tahun Baru Gajian

Bagi kenshuusei, Menabung adalah suatu hal wajib. Meskipun kadang kita khilaf karena tergiur melihat diskon besar dan barang-barang elektronik keluaran terbaru. Jadi semoga saja tahun ini kita punya gaji di atas 20 man biar bisa banyak nabung dan juga bantu orang tua di kampung. Selain itu, lumayan lah buat nyicil mas kawin buat halalin si dia. hehe

Ingat biaya nikah semakin tinggi, pai.

7. Semoga hari libur tahun ini bisa benar-benar liburan. Bukannya malah dikasih zangyou yang numpuk seharian

Tahun Baru Liburan

Fabi ayyi ala irabbikuma tukadziban – Nikmat mana yang kau dustakan.

Bagi anak perantauan seperti kenshuusei, nggak ada hal yang lebih nikmat, selain waktu liburan. Bagi kenshuusei, waktu liburan ada 3. Yakni fuyu yasumi, golden week, dan satunya natsu yasumi. Liburan yang panjang, bisa memberikan kebahagiaan bagi kenshuusei, khususnya buat kamu yang tinggal di daerah pedesaan dan harus bekerja hampir setiap hari. Bisa mendapat libur panjang, artinya waktu yang tepat untuk liburan menjelajah dan menambah pengalaman di Jepang. Makanya, untuk mewujudkan hal itu, mari kita berdo’a. Semoga aja, kamu bisa bener-bener liburan di hari libur panjang nanti, bukannya malah nguli. Huft.

8. Resolusi Tahun Baru terakhir: “Semoga tahun ini aku lulus nouryoku shiken!”

 

Tahun Baru Lulus Ujian

Sudah berapa kali kamu ikutan shiken Bahasa Jepang? Lalu gimana hasilnya? Daijoubu! Akiramenaide, Bukankah kita seharusnya lulus pada waktu yang tepat, bukan di waktu yang cepat. Resolusi ini, harus terus kalian ucapkan setiap hari.

Bukan apa-apa, toh bukannya ucapan itu adalah do’a, pai. Di kampung, ada orang tua yang akan bangga melihat anaknya sukses pulang dari Jepang membawa bekal pengalaman dan juga sertifikat Bahasa Jepang, ya minimal N3 lah. hehe Karena nanti, ada calon pasangan yang menunggu kalian di pelaminan dan hidup berdua selamanya. Jadi, semangat terus untuk bisa lulus ujian Bahasa Jepang setiap tahunnya.

Kalian boleh beresolusi ataupun tidak. Yang terpenting adalah bagaimana kita menjalani kehidupan sebagai kenshuusei di Jepang dengan baik. Kalian pun bisa menambahkan resolusi kalian sendiri sekarang. Bebas.

Add Comment