Beromzet 600 Juta/Bulan, Inilah Kesuksesan Toko Paktua Desune

Kali ini secara khusus saya akan membuat artikel yang membahas seseorang yang sangat menginspirasi semua orang yang kenal beliau termasuk saya. Beliau adalah pemilik usaha Toko Paktua Desune di Jepang.

Bisa dibilang beliau adalah seorang pengusaha Indonesia sukses di Negeri Sakura yang berhasil mendirikan sebuah toko makanan halal Indonesia. Pak Eko menamakan tokonya dengan nama Toko Paktua Desune. Berikut Cuplikan Videonya ketika diwawancarai oleh Net TV beberapa waktu silam.

Ketika pertama kali saya menginjakkan kaki di Jepang, kekhawatiran mengenai tidak bisanya mengkonsumsi makanan halal amat sangat menghantui. Sebagaimana kita tahu, Jepang bukanlah negara muslim seperti Indonesia yang dapat dengan mudah menemukan makanan halal.

Namun justru kekhawatiran saya tentang makanan di Jepang ternyata tidak terbukti. Justru selama di Negeri Sakura makanan yang saya dan teman-teman konsumsi lebih terjamin dibanding waktu di Indonesia.

Toko Paktua Desune Eko

Pak Eko Pendiri Toko Paktua Desune

Ketika beberapa minggu setelah menginjakan kaki di kota Toyota, Prefektur Aichi, saya dan kawan-kawan perusahaan disambut oleh sesama WNI di sana yang sangat baik. Setelah itu kami disuguhi makanan khas Indonesia dan juga list makanan Indonesia yang bisa dibeli online di facebook yang namanya Toko Paktua Desune.

Paktua Desune menjual macam-macam makanan dan bumbu Indonesia seperti kecap, sambal, terasi, kopi, mie instan, dan masih banyak lagi. Setelah itu, selama tinggal di Jepang saya jadi rutin belanja kebutuhan makanan di Toko Paktua Desune.

Siapa sih Eko Purnomo Si Pemilik “Toko Paktua Desune”

Toko Paktua Desune

Berfoto Bersama Pak Eko Setelah Futsal

Sebenarnya saya bertemu Pak Eko hanya sekali yaitu ketika beliau mengadakan turnamen futsal antar WNI di Prefektur Aichi 2015 silam. Ketika itu saya sempat berfoto juga bersama beliau setelah selesai mengikuti turnamen futsal tersebut.

Beliau bernama lengkap Eko Purnomo, merupakan satu dari sekian banyak orang yang layak dijadikan inspirasi. Karena terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, Pak Eko tidak seperti orang-orang kebanyakan yang mempunyai pendidikan tinggi.

Pak Eko Toko Paktua Desune

Biar Miskin Asal Happy, qoute dari Pak Eko. hehehe

Untuk mencari kehidupan yang lebih baik, segala pekerjaan telah beliau lalui sampai akhirnya ia merantau dari desanya ke Jepang.

Setelah lama tinggal di Jepang, akhirnya beliau memberanikan diri untuk membuka usaha dengan modal tabungan 1 juta yen atau 100 juta rupiah.

Bermodal nekad dan kerja keras, pria penyuka kucing ini langung membeli satu unit truk bekas yang dipakainya untuk berjualan makanan-makanan Indonesia. Akan tetapi, usahanya tidak langsung mulus, awalnya tidak banyak orang yang membeli produk ke Pak Eko.
Pak Eko Purnomo Toko Paktua Desune

Manusia Setengah Kucing

Ia pun berusaha membuat kaizen (perbaikan) dengan cara menambahkan beberapa produk serta menggratiskan ongkos kirim ke seluruh Jepang dengan nominal pembelian tertentu. Alhasil Toko Paktua Desune yang dikelolanya banyak diserbu WNI yang rindu akan makanan tanah air.
Dari situ Paktua Desune semakin dikenal oleh kalangan WNI di Jepang. Penjualan produk-produknya sudah semakin bervariatif. Omzetnya pun ditaksir mencapai 6 juta yen atau kurang lebih 600 juta rupiah per bulan. Sebuah nominal yang tak pernah diduga-duga sebelumnya.

Halaman depan Rumah Pak Eko di Jepang

Selama kurang lebih belasan tahun menjual berbagai makanan halal, sampai detik ini ia sudah memiliki beberapa unit kendaraan untuk menyimpan produknya dan juga berbagai peralatan pendukung untuk berjualan lainnya.
Sebelumnya, Pak Eko tidak pernah membayangkan bahwa dirinya bisa menjadi juragan di Jepang dan mempunyai beberapa karyawan saat ini. Motivasi terbesar dirinya berjualan adalah ingin bersilaturahmi dengan sesama WNI di Jepang dan juga membantu menyediakan makanan-makanan Indonesia yang cukup sulit ditemukan.
Anak SD Toko Paktua Desune

Memakai Topi SD yang Menjadi Ciri Khas Pak Eko

Kendati demikian, kesuksesan yang diraihnya saat ini tidak membuat pria bertubuh kekar ini menjadi tinggi hati. Penampilan dan tutur bahasanya tetap seperti seorang yang sederhana. Beliau tak sungkan untuk menyapa terlebih dahulu bila bertemu dengan sesama WNI.
Beliau juga sering terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan di Jepang dengan menjadi sponsor kegiatan tersebut. Setiap tahun Pak Eko juga rutin menggelar turnamen futsal yang bertajuk “Paktua Desune Turnamen” yang diadakan di prefektur Mie dan sekitarnya.
Sejarah Toko Paktua Desune

Pecinta Kucing

Tujuan diadakannya turnamen tersebut adalah menjalin tali silaturahmi para WNI di seluruh Jepang dengan cara berolahraga. Sungguh niat yang mulia sekali bukan?

Pecinta Kucing

Sejarah Kucing Toko Paktua Desune

Kucing Peliharaan Pak Eko Desune

Satu hal yang unik dan menarik dari Pak Eko adalah kecintaannya terhadap hewan kucing. Ada beberapa kucing yang dipelihara beliau di rumahnya dengan nama-nama yang lucu yakni Greyko, Recko, Toriko, dan Chanko. Beliau tak sungkan untuk menggelontorkan dana besar demi merawat kucing-kucing kesayangannya.

Membeli Produk Paktua Desune

Jika teman-teman WNI di Jepang baik pemagang, pelajar ataupun lainnya yang ingin berbelanja kebutuhan makanan Indonesia, teman-teman bisa mengunjungi fanspage Facebook beliau langsung dengan nama Toko Paktua Desune.

Di sana ada banyak produk-produk halal Indonesia yang bisa teman-teman pilih untuk mengobati rasa kangen terhadap makanan Indonesia. Sekian profil singkat mengenai Pak Eko Purnomo Pemilik Usaha Toko Paktua Desune di Jepang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Arigato Gozaimasu Desune 😀 hehe!

Add Comment