Cara Mengurus Gensen Sendiri Bagi Kenshuusei [100 % Cair!]

Konnichiwa, apa kabar teman-teman kenshuusei di seluruh Jepang ? Kali ini saya akan membahas cara mengurus gensen bagi kamu yang masih bingung prosedurnya.

Yang masih bingung apa itu gensen, sebaiknya  kamu tanya-tanya ke orang kaisha atau pembimbing kamu di sana karena hal ini sangat penting.

Gensen adalah sisa dari pajak penghasilan yang diperoleh dari kaisha (perusahaan) tempat kita bekerja dan diberikan setiap satu tahun sekali yakni pada bulan Desember/Januari berbarengan dengan slip gaji bulan tersebut.

Pajak penghasilan ini berlaku untuk seluruh warga asing yang menetap di Jepang dengan berbagai acam status baik itu kenshuusei, perawat, WNI yang menikah dengan warga Jepang, WNI keturunan, dan lain-lain.

Kenapa Kenshuusei Harus Membayar Pajak

Cara Mengurus Gensen Kenshuusei

kaskus.co.id

Jepang adalah negara yang warganya taat pajak karena peraturan yang diberlakukan di sana sangat ketat. Uang hasil pajak ini dipakai untuk kesejahteraan warganya termasuk kita sebagai orang asing.

Misalnya pengembalian uang sekolah anak (kyufukin). Dalam bentuk lainnya yaitu kita bisa menikmati segala bentuk fasilitas umum yang ada di Jepang seperti trotoar mulus untuk bersepeda, taman bermain yang indah serta berlibur di pantai secara gratis.

Cara Mengurus Gensen

Pada tahun pertama kita menjalani kenshuu di Jepang, kemungkinan besar gensen yang tertulis bernilai 0 yen atau nominal yang kecil. Gensen ini sebenarnya bisa diurus di Jepang maupun di Indonesia.

Namun saran saya, buat kamu yang masih tinggal di Jepang lebih baik mengurusnya setiap tahun. Memang sekaligus 3 tahun/3 lembar pun bisa dilakukan, namun besar shiminzei (potongan pajak daerah) yang diterima pun tidak akan terasa.

Nah buat kamu yang sudah kembali ke tanah air tapi belum tahu info mengenai cara mengurus gensen ini, jangan khawatir ! kamu masih bisa mengurusnya dengan catatan belum sampai 5 tahun semenjak keluarnya gensen.

Keuntungan Mengurus Gensen

Cara Mengurus Gensen Kenshuu

bisnis.fajarnews.com

Keuntungannya tentu saja kamu akan mendapat uang sisa pajak kamu yang sebelumnya mungkin belum diketahui. Nah jika mengurusnya tepat waktu atau pada bulan januari, selain akan menerima uang cash, kamu juga bisa memperoleh keuntungan lainnya yaitu keringanan beban pajak daerah (shiminzei) yang besarnya berkisar 2x gensen.

Ilustrasi Cara Mengurus Gensen

Ambil contoh kita akan mengurus gensen pada bulan januari dengan proses cairnya minimal 3 bulan. Setelah cair maka kita menerima revisi pajak yang otomatis pada bulan juni tahun tersebut hingga mei tahun depan mendapat keringanan pajak daerah hingga 0 yen (Jika ada pun tidak lebih dari 1000 yen).

Contohnya :

Jika gensen yang diurus nominalnya 60.000 yen, maka pajak daerah yang mesti dibayarkan adalah 2x gensen = 120.000 yen lalu dibagi 12 bulan = 10.000 yen/bulan. Namun jika gensen diurus keuntungannya yaitu pajak daerah bisa diringankan hingga 0 yen.

Untuk itu, buat kamu yang pernah menerima kertas gensen, segera urus karena masih belum terlambat, buat teman-teman yang sudah di Indonesia pun masih bisa asalkan kertas gensen masih ada.

Cara Mengurus Gensen Sendiri di Jepang

Kalian pasti ingin uang pajak yang dibayar itu dapat kembali semuanya bukan, atau minimal bisa mendapat keringanan pajak saat kerja di Jepang. Selain melalui jasa-jasa pengurus pajak yang banyak tersebar, kamu juga bisa mengurusnya sendiri langsung ke kantor pajak.

Syaratnya yaitu :

  • KTP Jepang
  • Surat Gensen
  • Bukti Pengiriman Uang ke Indonesia
  • Kartu Keluarga (di translate ke Bahasa Jepang)
  • Rekening Bank Jepang
  • Form yang sudah diisi
  • Fotokopi paspor bagian identitas diri
  • Fotokopi My Number

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, kamu gak usah bingung lagi mau ngurus melalui broker mana karena kita bisa mengurusnya dengan cepat dan gratis. Buka google maps lalu cari dengan kata kunci zeimusho (kantor pajak).

Jika sudah ketemu, itulah kantor pajak yang terdekat dengan apaato kamu. Kayuh jitensha-mu sebentar untuk datang ke kantor pajak tersebut dengan membawa semua persyaratan. Selanjutnya tinggal berikan ke petugas di kantor pajak dan mereka akan tahu maksud kita.

Berdasarkan pengalaman saya dahulu, jika masih belum pede pergi sendirian, bawalah kamus atau ajak teman/pembimbing/sensei yang nihon-go nya bagus atau teman orang Jepang kita agar prosesnya lebih cepat.

Kerugian Tidak Mengurus Gensen

Cara Mengurus Gensen di Jepang

gyoda.sainokuni.info

Jika tadi sudah membahas keuntungan, inilah kerugian jika kamu tidak tahu cara mengurus gensen :

  • Kamu tidak mendapat dana sisa pembayaran pajak. Di pojok kanan kertas gensen tertera nominal misalnya 50.000 yen. Maka nominal itu akan hangus karena kamu tidak mengurusnya.
  • Kamu masih punya beban menanggung shiminzei (pajak daerah) yang ditagihkan tahun ke-2 bulan juni sampai mei tahun depan. So, disadari atau tidak gaji yang kamu terima akan terasa lebih banyak potongan pada bulan juni tahun ke-2.

Well, itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai seluk-beluk gensen dan cara mengurusnya. Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman sesama kenshuusei di Jepang. Tetap semangat dan jaga kekompakan serta nama baik Indonesia di Negeri Sakura.

9 Comments

  1. Mariance 29 Maret 2017
    • Dicky kyodai remittance 28 Mei 2018
    • Radju tarigan 16 November 2018
  2. ahmad soleh 18 April 2017
    • kenshuusei 23 April 2017
  3. iwan 4 Mei 2017
    • Dicky sembeng 28 Mei 2018
  4. Jadi 17 November 2018
  5. Paridman 9 Desember 2018

Add Comment