Inilah Tips Buat Kenshuusei yang Ingin Investasi Emas [Pulang Auto Jadi Sultan!]

Investasi Emas – Salah satu tujuan utama kenshuusei rela meninggalkan keluarga di Indonesia untuk bekerja di Jepang adalah ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Ada secercah harapan ketika kembali ke Indonesia kelak bisa membahagiakan orang-orang tersayang dengan memiliki usaha mandiri atau memiliki aset yang bisa dijadikan passive income.

Adakah di sini teman-teman kenshuusei yang sudah memahami atau pernah belajar dan praktik bagaimana investasi emas yang benar dan menguntungkan? Sebagian besar kenshuusei lebih terbiasa menginvestasikan uangnya berupa sawah atau tanah, sangat jarang ada yang melek tentang emas. Memang semua ada kelebihannya masing-masing tergantung bagaimana kita mengelolanya.

Nah kali ini kita akan bahas tips dan keuntungan buat kalian para kenshuusei yang ingin berinvestasi emas agar kelak pulang ke Indonesia bisa mendapat hasilnya.

Sekilas Tentang Emas Logam Mulia

Jenis emas yang diinvestasikan di sini adalah berupa emas logam mulia atau yang familar disebut emas batangan dengan kadar 99,99 %, bukan emas perhiasan yang biasa dibeli emak kita di toko emas. hehe

Emas logam mulia merupakan emas dengan kualitas terbaik dan cocok untuk dijadikan instrumen investasi di masa sekarang ini karena harganya yang terus melambung tinggi. Di Indonesia sendiri harga emas antam per akhir Juli 2020 ini sudah mencapai hampir 1 juta rupiah pergramnya.

Sebenarnya kalau kita belajar lebih dalam lagi bukan harga emasnya yang naik namun nilai mata uang kita yang semakin merosot karena dari dahulu sejak zaman Rasulullah sampai saat ini harga emas tetap dan tidak berubah.

Keuntungan Berinvestasi Emas Untuk Kenshuusei

Jika selama ini kita sering menggunakan uang hasil kerja keras di Jepang untuk (maaf) membeli sesuatu yang sepertinya kurang produktif seperti misalnya nongkrong di kafe yang mahal atau membeli gadget keluaran terbaru dengan harga selangit, mulai saat ini coba kita alokasikan sebagian pendapatan kita untuk investasi jangka panjang seperti membeli emas.

Investasi Emas Mudah Dicairkan

Dibanding bentuk investasi lain seperti saham, deposito, tanah atau sawah, emas merupakan model investasi yang mudah dicairkan ketika kita membutuhkan dana darurat. Namun saran admin sih lebih baik kita membeli emas ketika kita ada uang nganggur yang tidak terpakai. Daripada mengendap di rekening alangkah lebih baik dibelikan emas. Pastikan dulu semua kebutuhan kamu di Jepang tercukupi, jangan sampai semua uangmu digunakan untuk beli emas, nanti ujung-ujungnya ketika perlu dana kita kembali menjual emasnya.

Investasi Emas Resikonya Kecil

Kenapa emas resikonya kecil? karena harga emas relatif stabil dan tidak banyak terpengaruh oleh instrumen lainnya. Tidak perlu khawatir ketika situasi ekonomi bergejolak atau rupiah anjlok, emas akan tetap stabil nilainya. Kita bayangkan saja zaman Rasulullah dahulu harga 1 dinar bisa untuk membeli 1-2 ekor kambing, saat inipun sama. 1 dinar atau kurang lebih 3 juta rupiah bisa untuk membeli kambing dengan jumlah yang sama.

Investasi Emas Mudah dilakukan

Di zaman milenial sekarang ini, membeli emas semakin mudah seperti membeli barang komoditas lainnya. Kita bisa membeli langsung melalui platform seperti e-commerce, gerai antam resmi, komunitas-komunitas, dan lain sebagainya tinggal dipilih sesuai keyakinan hati. hehe

Beli, Simpan, Lupakan

Rumus membeli emas adalah beli, simpan, lupakan”. Jika kamu sudah memutuskan investasi emas, kamu nggak perlu memantau harganya setiap hari. Lupakan dan simpan dalam waktu yang lama karena investasi emas ini bukan tipe investasi jangka pendek yang bisa dinikmati hasilnya dalam waktu singkat. Minimal butuh waktu 2-3 tahun agar hasilnya bisa terasa. Cocok untuk kita para kenshuusei yang memiliki kontrak kerja 3-5 tahun di Jepang.

Jangan buru-buru menjual emas karena belum tentu menghasilkan untung yang ada malah buntung. Namun apabila disimpan dalam jangka panjang harga emas akan selalu naik melampaui nilai inflasi. Jadi, “beli, simpan, lupakan” minimal sampai kamu pulang ke Indonesia.

Tidak Membutuhkan Modal Besar

Berbeda dengan kita membangun kontrakan atau membeli sawah yang memerlukan dana sedikitnya ratusan juta. Membeli emas hanya membutuhkan dana sedikit sesuai kemampuan kita. Sebagai informasi saja emas batangan logam mulia ini memiliki macam-macam mulai berat dari 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram sampai 1000 gram. Tinggal dipilih kita mau beli ukuran berapa setiap bulannya kalau ada dana lebih sisa gaji di Jepang.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berinvestasi Emas

Untuk pemula seperti kita ada beberapa point yang harus diperhatikan ketika investasi emas misalnya ketika melihat grafik pergerakan harga emas dalam waktu pendek  pasti kita akan merasa harga emas tidak stabil. Padahal sebenarnya untuk jangka panjang (pertahun) harga emas cenderung meningkat dan stabil.

Point penting lainnya ialah resiko ketika kita menyimpan emas. Karena bentuknya yang kecil, jika tidak disimpan dengan baik ada kemungkinan mudah hilang. Jadi jika nanti kalian mulai membeli emas, minta tolong keluarga di rumah untuk menjaganya hati-hati. hehe

Point yang ketiga adalah hati-hati ketika membeli emas dari sembarang orang karena bisa saja kalian tertipu. Carilah penjual emas yang sudah terpercaya karena banyak beredar emas palsu di luar sana. Nanti mimin bakal kasih tips lagi bagaimana mengecek apakah emas yang kita beli asli atau palsu.

Sedikit Tips Untuk Kenshuusei yang Mau Investasi Emas

Yang pasti selalu dimulai dari #TujuanLoApa. Investasi apapun jika tanpa rencana pada akhirnya hanya akan menjadi blunder fatal. Maksudnya adalah kita sebagai kenshuusei harus punya planning yang tepat untuk mewujudkan cita-cita kalian ketika kembali ke tanah air kelak.

Jadi untuk apa kamu berinvestasi emas? Beli Rumah? Biaya Nikah? Pergi Umroh? Atau saking banyaknya kyuuryou yang didapat jadi bingung mau diapain lagi uangnya hehehe.

Lalu langkah selanjutnya tentukan waktu yang diperlukan dalam investasi emas ini hingga akhirnya tujuan kita tercapai. 3 tahun, 5 tahun atau 10 tahun?

3 Tahun di Jepang Maksimalkan Untuk Beli Emas

Mimin punya hitung-hitungan kasar yang mungkin cocok dipraktikan buat kalian para kenshuusei yang mau mulai berinvestasi emas. Mudah-mudahan bisa istiqomah dijalankan ya.

Jadi misalnya kontrak kita di Jepang 3 tahun dengan gaji rata-rata setelah dikonversikan ke rupiah sekitar 15 juta rupiah (kalau salah koreksi ya hehe). Kita s̶i̶s̶i̶h̶k̶a̶n̶ paksakan setiap bulan dari gaji kita untuk membeli emas contohnya ukuran 5 gram (harga saat ini kurleb 4,8 juta rupiah), maka selama masa kenshuu kita 3 tahun jika rutin membeli 5 gram setiap bulan akan terkumpul sebanyak kurang lebih 180 gram. Bayangin gimana nggak keren coba pulang dari Jepang kita ngantongin emas batangan ratusan gram. hehe.

Lalu kita mulai hitung berdasarkan nilai kenaikan emas setiap tahunnya jika mengacu pada rumus umum yakni kenaikan emas antara 20-30 % setiap tahunnya maka ketika pulang ke Indonesia 3 tahun kelak nilai emas kamu akan meningkat. Diprediksi harga emas tahun 2023 bisa menjadi 1,5 juta/gram. Itu artinya ketika pulang ke Indonesia nanti kamu akan memiliki emas yang jika diuangkan senilai 270 juta hanya dari hasil menabung emas setiap bulan 5 gram. Ingat rumusnya ya, “beli, simpan, lupakan”

 

Kamu bisa gunakan uang tersebut untuk banyak hal misalnya seperti yang disebutkan diatas yaitu untuk bangun rumah impian, biaya umroh atau biaya nikah hehe. Kan keren mahar nikahnya pake emas batangan.  😀

Namun itu semua masih hitung-hitungan kasar ya, semua bisa saja terjadi karena ini merupakan investasi jangka panjang. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya yang jelas di sini mimin hanya berbagi tips agar uang hasil di Jepangmu bisa efektif digunakan.

Pengalaman mimin 6 bulan yang lalu beli emas harganya masih 700 ribuan/gram, sekarang harganya melonjak hampir mendekati 1 juta rupiah/gram.

Kesimpulan Tentang Investasi Emas Bagi Kenshuusei

Itulah sedikit gambaran dan tips buat teman-teman kenshuusei semua tentang investasi emas logam mulia yang menjadi salah satu bentuk investasi menjanjikan di masa pandemi ini. Kita tidak tahu kondisi ekonomi kita ke depannya seperti apa. Harapannya kelak ketika kita pulang ke Indonesia bisa menjadi orang yang berhasil dalam segala hal.

Bijaklah menggunakan uang hasil kerja keras di Jepang karena banyak senpai-senpai kita terdahulu yang kurang maksimal mengelola keuangan hingga akhirnya pulang ke Indonesia tidak mendapatkan apa-apa. Jika ada yang ingin didiskusikan mengenai investasi emas ini silahkan tulis di komentar atau inbox fanspage kenshuusei ya.

Semoga Bermanfaat
Terakhir, jika bingung di mana membeli emas yang terpercaya dan amanah, nggak usah jauh-jauh, langsung chat aja ke mimin (ujung-ujungnya jualan hehe)

 

 

 

8 pemikiran pada “Inilah Tips Buat Kenshuusei yang Ingin Investasi Emas [Pulang Auto Jadi Sultan!]”

  1. Logam mulia yg senpai maksud ini di jual di toko emas gak ? Mksdnya kan banyaj nih di sekitar rumah toko emas tapi kan rata2 buat emas emak2 itu cincin kalung kayak gitu . Sama itu ada sertifikat nya gk pai ? Maaf baru pemula soalnya . Yoroshiku onegaishimasu .

    Balas
  2. Min, sepertinya bukan sembarang senpai nih, dulu S1 Managemen langsung ke Jepang ya min Hehe
    Salam kenshusei min.
    Btw, beli emas di Jepang dimana ya min, apakah ada toko yang menjual emas batangan?

    Balas
  3. Kayanya kalo di bank/pegadaian investasi emas bisa , yg beda sistem nya atau gimana ya min ? Barangkali mengerti mohon di jelaskan gambaran sistemnya seperti apa jika lewat bank/pegadaian ?

    Balas

Tinggalkan komentar