[WASPADA!] Kasus Penipuan Visa Tokutei Ginou, Tak Dapat Kerja, Terlantar di Jepang

Akhir-akhir ini program TG atau Tokutei Ginou sedang ramai-ramainya dibicarakan. Program yang berasala dari pemerintah Jepang ini bertujuan untuk menanggulangi kurangnya jumlah tenaga kerja di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Nantinya, program ini ditujukkan untuk para orang asing yang belum pernah ke Jepang atau eks kenshuusei denga syarat harus mempunyai keterampilan khusus.

Syarat untuk mendapatkan Visa ini tentu tentu ada kriteria khusus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Jepang. Intinya, jangan sampai nanti teman-teman malah tertipu dengan iming-iming yang menggiurkan dan juga karena keterbatasan informasi yang teman-teman miliki.

Ditambah lagi, program TG ini bisa dibilang baru seumur jagung kalau dibandingan dengan program magang ke Jepang pada umumnya. Ini menjadi ladang bagi para oknum yang mempunyai niat jahat untuk menipu kita karena mereka tahu banyak sekali kawan-kawan eks-kenshuusei yang ini kembali berkerja di Jepang.

Seperti yang dilansir dari media kabar Jepang jakartashinbun.com beberapa pekan silam yang menyebutkan ada beberapa orang yang menjadi korban penipuan dimana mereka adalah eks-kenshuusei yang ingin kembali ke Jepang.

Korban yang berjumlah 5 orang ini mengaku diiming-imingi untuk kembali ke Jepang dengan memanfaatkan Visa Turis dan harus membayar biaya sebesar kurang lebih 70 juta rupiah. Namun apa yang terjadi justru setibanya di Jepang kelima orang tersebut malah ditelantarkan di hotel Jepang sampai akhirnya mereka pergi berkonsultasi dengan Pak Agus yang merupakan pemilik dari toko souvenir JSS di Akihabara.

Dijanjikan Bekerja di Bidang Perhotelan

Pada mulanya penipu menjanjikan kepada korban akan ditempatkan di bagian perhotelan meskipun sebelumnya korban adalah bekerja di bidang pengolahan makanan. Hal ini harusnya dicurigai karena syarat untuk eks kenshuusei yang ingin kembali ke Jepang adalah bekerja dibidang yang sama dengan waktu menjalani program Kenshuusei. Kalaupun ingin mendapat bidang pekerjaan yang berbeda, kita harus terlebih dahulu mengikuti tes keterampilan

Setibanya di Jepang, Ditelantarkan di Hotel

Sesampainya di Jepang, korban diberi penginapan di sebuah hotel di Ibaraki lalu disambut oleh Orang Jepang dengan memberi kartu nama seraya berkata bahwa besok pagi pukul 10 akan kembali untuk menjemput korban.

Korban yang tak menaruh rasa curiga apapun langsung mengiyakan hal tersebut. Namun keesokan harinya korban mulai menaruh curiga karena hingga larut malam menunggu tak ada seorang pun yang datang mengunjungi. Korban kemudian meminta bantuan staff hotel untuk menghubungi kontak yang diberikan sebelumnya dan hasilnya nihil karena kontak tersebut tidak bisa dihubungi.

Beruntung saat itu ada bantuan dari salah seorang pemagang yang berkenan untuk memberikan penginapan dan memberi saran untuk menemui Pak Agus di Akihabara.

Banyak Terjadi Kasus Penipuan Tokutei Ginou

idmarimo.com

Di waktu yang bersamaan, Pak Agus memaparkan bahwa dalam setiap bulannya banyak yang menerima permohonan kepada beliau karena mereka tidak tahu-menahu jikalau visa yang dibawa adalah visa wisata/turis. Yang lebih memprihatinkan adalah banyak dari para korban yang terkena penipuan dan enggan kembali ke Indonesia karena merasa malu kepada keluarga.

Hal ini disebabkan karena korban menggunakan uang hasil pinjaman sana-sini dan bingung mau mengembalikannya seperti apa karena uang yang dibayarkan tak bisa kembali.

Bisa dibayangkan bagaimana keluarga kita menaruh harapan kepada kita agar bisa kembali ke Jepang dengan mencari pinjaman sana-sini namun akhirnya berujung penipuan.

Alangkah baiknya kita lebih selektif lagi dan jangan mudah terperdaya dengan iming-iming menggiurkan bisa kembali ke Jepang dengan cepat.

Banyak dari para korban penipuan ini karena mereka terburu-buru ingin kembali ke Jepang dan tak mau mengikuti diskusi atau penyuluhan mengenai Tokutei Ginou ini.

Tips buat teman-teman Kenshuusei atau eks-kenshuusei yang sudah kembali ke Indonesia agar tidak mengalami hal serupa seperti kasus di atas adalah berhati-hati menerima setiap info dan tawaran yang mengatasnamakan Tokutei Ginou. Lembaga penyalur yang terpercaya sudah pasti akan memberikan info langsung di muka publik tanpa melalui pesan pribadi kepada kita.

Selain itu, banyak-banyaklah diskusi kepada senpai yang sudah berpengalaman agar mendapat saran dan masukan bilamana ada penyalur yang memberikan lowongan kepada kita.

Add Comment