Kenshuusei Wajib Baca! Ternyata YAKING (Kerja Shift Malam) Bisa Picu Sel Kanker, Meski Siangnya Tidur Dulu!

Di Jepang ini sekarang, Para Kenshuusei sebagian besar bekerja menjadi beberapa shift termasuk ada kerja shift malam atau biasa disebut Yakin/Osoban. Produksi yang semakin tinggi mau nggak mau mewajibkan Pahlawan Devisa di jepang ini menjalani pekerjaan yang tidak biasanya.
Bagi sebagian Kenshuusei, kerja shift malam mungkin hal yang diinginkan karena Kyuuryou (Gaji) akan lebih tinggi didapatkan. Rata-rata upah untuk kerja malam akan dinaikkan 25% lebih banyak dari kerja normal.

Toh para kenshuusei menganggap kerja malam ini sesuatu yang lumrah karena dari pagi sampai siangnya mereka bisa tidur dengan puas di rumah. Tapi tau nggak kalau kebiasaan kerja malam ini bisa memberikan efek buru bagi kesehatan.

Dilansir dari akun salah seorang dokter di twitter mengatakan jika terbiasa kerja di waktu malam hingga shubuh berpotensi adanya sel kanker dalam tubuh. Juga menyebabkan kanker payudara dan kanker kulit buat para wanita yang suka kerja shift malam. Ngeri kan?

Kenapa sih Yaking (Kerja Malam) Bisa Memicu Kanker?

Karena ketika itu aktivitas kerja kita membuat jam biologis tubuh menjadi berantakan. Waktu yang umumnya dipakai istirahat, malah digerakkan untuk bekerja.

Usia rata-rata kenshuusei memang masih muda, kisaran 19-25 tahun. Namun tubuh kita bukan diciptakan dari besi. Tubuh kita perlu diberi waktu untuk beristirahat.

Itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam di mana waktu siang adalah untuk hal produktif dan waktu malam untuk beristirahat.

Saat kerja malam, tubuh yang semestinya dipakai untuk istirahat dipaksa untuk terus ON. Hal inilah yang menyebabkan jam biologis kita berantakan. Kalau ini dibiarkan terus-menerus kemudian dibarengi dengan pola hidup yang nggak sehat bisa mengakibatkan sel kanker.

“Membayar” utang tidur di siang hari sebetulnya tidak merubah apapun karena tugas organ tubuh di siang hari itu untuk melakukan aktivitas seperti mencerna makanan dan lain-lain.

Penelitian Lain Mengatakan Perempuan yang Kerja Malam berpotensi Terkena Kanker Payudara dan Kulit.

Peneliti dari West China Medical Center di Shincuan University melakukan penelitian hubungan antara kerja shift malam dengan kemungkinan sel kanker dalam tubuh. Hasilnya  adalah kerja shift malam bisa mengakibatkan resiko 11 jenis kanker dengan kanker kulit sebagai persentase terbesarnya (41 %) dan kanker payudara (32 %).

Buat kita para Kenshuusei, Yaking/Osoban memang nggak bisa dihindari karena kebijakan perusahaan. Untuk itu setidaknya kita bisa meminimalisir dengan pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga di akhir pekan dan mengkonsumsi makanan sehat.

 

Add Comment